Rabu, 01 April 2020

Soal dan Jawaban Pemrograman Dasar Lengkap Kelas X SMK (II)



A.     SOAL PILIHAN BERGANDA!!

1. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,  
      adalah pengertian …..
  A. Variabel          B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E.Boolean

2. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
       A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
       B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
       C. Nama variabel harus diawali dengan angka
       D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
       E. Tidak boleh menggunakan spasi

3.  Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric                                 C. Date time                          E. Integer
B. Varchar                                 D. Array

4.Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
A. Numeric                                 C. Date time                         E. Integer
 B. Varchar                                  D. Array

5. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat                                      C. Rumit                                E. Logis
B. Berurutan                              D. Realistis

6. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil. 
 A. Input               .C. File                   E. Database                                                                                        
 B. Masalah          D. Proses

7. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
 A. Print                                        C. End                                 E. Start
 B. Writeln                                   D. Readln

8. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
 A. Print                                        C. End                                    E. Start
 B. Writeln                                  D. Readln

9. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut…
A. Linier                                      C. Output                               E. Serial
 B. Tipe Data                             D. Universal

10. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data...
A. Boolean                                 C. Date Time                         E. Numerik
 B. Array                                       D. String / Char

11. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta                            C. Flowchart                         E. Long Int
 B. Variabel                                 D. Integer

12. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
      A. Urutan, Pilihan, Pengulangan               D. Pemulihan,Urutan, Pemograman          
      B. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan        E. Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan 
      C. Urutan, Pemulihan, Pengulangan

13. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
      A. Pengulangan             C. Pemulihan           E. Pengaturan
      B. Perbaikan                   D. Pemograman  

14. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang
       lain  adalah Symbol…….
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing         

15. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing         

16. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing

17. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
     A. Pilihan                     C. Urutan                      E. Pemograman
      B. Pengulangan         D. Pemulihan


18. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head             Input             Proses          Output           End
B. Input           Loading           Proses          Output           Stop        
C. Start             Read           Proses          Output          Stop
D. Start             Read          Proses            Write          Stop
E. Head            Read            Loading           Write          End

19. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma percabangan 1 kondisi
If nilai >75 then
Write “Lulus”
Jika diberikan nilai = 80, maka hasilnya adalah ....
a.       TIDAK Lulus
b.      Lulus
c.       Nilai 80
d.      Nilai >75
e.       Nilai diatas 75

20 . Siswa mampu Menganalisis berbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
Algoritma percabangan dapat digunakan untuk beberapa kasus permasalahan berikut, kecuali ....
a.       Menentukan kelulusan berdasarkan rata-rata
b.      Menghitung sewa mobil di sebuah rental yang menyediakan banyak pilihan
c.       Menentukan gaji berdasarkan golongan
d.     Menentukan rata-rata seluruh siswa dalam satu kelas
e.      Menentukan diagnosa penyakit


JAWABAN PILIHAN GANDA!









1.       C
2.       C
3.       B
4.       C
5.       E

 

6.A
7.C
8.B
9.B
10.D
 

11.A
12.A
13.A
14.C
15.A
 

16.D
17.A
18.C
19.B
20.D
 
 





B.     SOAL ESSAY!!
1.       Pengertian Dari Array Dua Dimensi Dan Array Adalah !
2.       Definisi struktur kontrol percabangan dalam pemrograman !
3.       Definisikan struktur kontrol perulangan dalam pemrograman !
4.       Jelaskan Definisi struktur kontrol percabangan dalam pemrograman ?
5.       Apa Pengertian FUNCTION (fungsi) ??




JAWABAN ESSAY !!
1.       Array atau bisa disebut sebagai larik adalah koleksi data atau kumpulan data yang memiliki
nama variable dan jenis tipe data yang sama dan memiliki index, index tersebut digunakan
untuk mengakses (baca/tulis) elemen atau isi array tersebut.
2.       Struktur Kontrol Pecabangan merupakan suatu algoritma program memiliki suatu kondisi
yang dimana kondisi tersebutlah yang akan menentukan perintah-perintah yang akan
dijalankan oleh suatu program.
3.       Struktur Kontrol Perulangan digunakan apabila ada suatu fungsi dari program akan dijalankan secara
berulang-ulang.
4.       Struktur Kontrol Pecabangan merupakan suatu algoritma program memiliki suatu kondisi yang dimana
kondisi tersebutlah yang akan menentukan perintah-perintah yang akan dijalankan oleh suatu program
5.       Fungsi adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok instruksi yang di eksekusi
ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar