1. Camera Animation
Camera Animation atau menganimasikan kamera merupakan sebuah teknik animasi lanjut, animasi ini secara teknis adalah menggerakkan kamera, animasi teknik kamera ini juga sering digunakan dalam membuat animasi terlihat lebih dinamis.
Berikut ini akan dijelaskan tentang teknis animasi kamera dengan menggunakan object constraint.
Praktik :
• Bukalah aplikasi Blender.
• Kita akan menggunakan objek kubus sebagai objek yang akan di bidik oleh kamera.
• Posisikan cursor ke center, caranya SHIFT + S kemudian pilih cursor to center. Hal ini dimaksudkan agar saat kita menambahkan objek baru posisi objek berada di tengah.
Gambar II-233 Cursor Berada di Posisi Center
• Tambahkan object circle caranya SHIFT A kemudian pilih curve lalu pilih circle.
• Lakukan perubahan ukuran pada circle, tekan S lalu geser mouse sehingga lingkaran (circle) membesar.
Gambar II-234 Cirle Dilakukan Perubahan Ukuran Menjadi Lebih Besar
• Tarik circle pada sumbu z (ke atas), jalur lingkaran ini akan menjadi garis kamera berputar dan objek berada di posisi bawah.
Gambar II-235 Circle Ditarik Kesumbu Z
Jika dilihat pada view front ortho akan tampak seperti berikut ini.
Gambar II-236 Circle Tampak di Atas Objek
• Seleksi kamera, kemudian lakukan reset rotasi, lokasi, dan skala dengan menggunakan shortcut Alt R, Alt G, Alt S.
• Pilih constraint (ikon rantai pada properties) kemudian pilih add constraint
pilih follow path.
Gambar II-237 Pilih Folow Path
• Kemudian pilih target bezier circle
Gambar II-238 Bezier Circle
• Seleksi camera dan cube (multiple selection) SHIFT Klik Kanan
• Kemudian tentukan track animasi dengan cara Ctrl + T pilih track to Constraint.
Gambar II-240 Mode Animation
• Tentukan frame animasi start 1 sampai 200
• Pilih mode animation, untuk menggerakkan animasi kamera
Gambar II-240 Mode Animation
• Tentukan frame animasi start 1 sampai 200 Pilih objek data pada properties, kemudian scrool ke bawah cari path animation tentukan frame 100, evaluation time (double click) ubah menjadi 0,
kemudian tekan huruf I untuk menandai keyframe. Pastikan sampai form berwarna kuning.
Gambar II-242 Path Animation
• Kemudian atur end frame 200 tekan i. Maka kamera akan mengitari posisi
objek.
itulah postingan tentang Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar