Senin, 30 Maret 2020

Contoh Naskah Membuat Iklan Layanan Masyarakat


 Iklan layanan masyarakat (ILK) adalah jenis iklan yang menampilkan pesan-pesan sosial yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang diangkat dalam iklan tersebut.
Terdapat beberapa kriteria yang dimiliki oleh Iklan layanan masyarakat , diantaranya adalah;
  1. Iklan tidak bertujuan komersil
  2. Bersifat umum
  3. Diperuntukan untuk semua lapisan masyarakat
  4. Diajukan oleh organisasi yang diterima atau diakui
  5. Memiliki dampak dan kepentingan tinggi.
Contoh dari iklan layanan masyarakat diantaranya adalah; Iklan Keluarga Berencana, global warming, bahaya merokok, narkoba, hemat energi, hemat air, hemat listrik dan sebagainya.
Berikut ini adalah beberapa contoh iklan sosial layanan masyarakat baik itu tentang pendidikan, kesehatan, kebersihan disertai dengan gambar iklan, Poster iklan layanan masyarakat beserta dengan contoh teks kalimat iklan masyarakat.
Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba
Iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkotika biasanya menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan obat- obatan terlarang. Memberi peringatan tentang dampak dan efek obat yang dapat menghancurkan kehidupan pemakainya dimasa mendatang.
Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Narkoba;
Ketika tekanan kerja mendera, dan hidup terasa membebani, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itulah, narkoba mengulurkan tangan- tangan kejinya, merenggut karir, merampas pekerjaan, menghancurkan orang – orang tercinta, tak ada tempat untuk lari. Kecuali memperteguh diri dan kembali ke pelukan keluarga. Sayangi keluargamu – JAUHI NARKOBA!! (iklan layanan BNN).

.Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kesehatan

Pembuatan iklan jenis ini bertujuan untuk mengingatkan atau memberitahukan masyarakat suatu informasi yang berhubungan dengan kesehatan. Berupa cara singkat mencegah suatu penyakit atau kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan pemerintah.
Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Kesehatan;
Anak harus diajak ngobrol dan bermain. Supaya dia mau makan 3x sehari, diselingi buah 2x
agar anak sehat dan tinggi. itu salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi (iklan layanan masyarakat posyandu).

 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya DBD

Ada tindakan yang lebih bijaksana. Daripada membuang sampah sembarangah, kita dapat memanfaatkan kembali botol bekas air mineral ini untuk dijadikan vas bunga, tempat pensil dan celengan. Kita harus mulai peduli tentang dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Semua dapat dilakukan dari hal yang kecil. “Reuse, Reduce, Recycle”. Bila masih sulit untuk melakukan hal ini. Mari kita mulai dengan membuang sampah pada tempatnya.

3 komentar: