Selasa, 16 Februari 2021

Menerapkan model sederhana berbasisi 3D Hardsurface

 Ketika membahas tentang pemodelan 3D, kita tidak akan jauh dari bentuk permukaan organik dan permukaan keras. Apapun itu aplikasi 3D yang kalian gunakan, model itu akan menjadi permukaan yang keras atau jaring organik. Ini kedengarannya cukup mudah, bukan? Hanya dua kategori berbeda. Namun, dua kelas model ini membawa serta penjelasan dan perbedaan yang tak terhitung jumlahnya.

Hampir setiap model 3D akan mendefinisikan permukaan keras dan model organik secara berbeda. Seorang seniman dapat mengatakan bahwa model permukaan yang keras adalah segala sesuatu yang mesin, buatan manusia, dan organik adalah benda hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, dll. Model lain dapat mendefinisikannya sebagai apa pun yang merusak dan dianimasikan dianggap sebagai model organik. Selama kalian mempelajari 3D, mungkin kalian pernah mendengar banyak penjelasan berbeda untuk model permukaan keras dan organik. Apa perbedaan yang benar antara model permukaan keras dan organik? Penting untuk menunjukkan bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk membedakan keduanya. Namun, sebagai pemodel 3D, kalian harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kategori dan teknik yang terlibat.

Seperti disebutkan di atas, banyak seniman mendefinisikan permukaan keras dan organik sangat berbeda. Sama seperti tidak ada alur kerja yang benar atau salah untuk pemodelan, semua orang bekerja secara berbeda, sehingga tidak dapat dihindari bahwa para seniman mendefinisikan sesuatu secara berbeda. Lalu apasih yang dimaksud Hard Surface modelling dan Organic modelling? mari kita simak yang berikut ini :

Hard Surface

Hardsurface Modelling 
Hard Surface adalah objek yang memiliki permukaan yang cenderung geometrik atau kotak-kotak, sehingga lebih keras dan biasanya memiliki sudut di dalam setiap sisinya.  Secara gampangnya model Hard Surface adalah segala bentuk obyek yang diciptakan atau dikonstruksi oleh manusia, seperti arsitektur, robot, alat transportasi dan model-model lainnya. Misalnya, monitor komputer atau ponsel yang kalian gunakan untuk membaca artikel ini akan dianggap sebagai permukaan yang keras. Bahkan kursi tempat kalian duduk adalah benda permukaan yang keras. Ketika kalian memikirkan permukaan yang keras, kalian memikirkan benda-benda dengan tepi tajam dan bentuk sudut, karenanya "keras" di permukaan yang keras. Namun, sesuatu seperti sofa adalah buatan manusia. Kebanyakan sofa sama sekali tidak keras dan dibangun dengan topologi yang mengalir dan tanpa tepi yang keras. Ini objek seperti itu di mana garis mulai menjadi kabur. Meskipun itu buatan manusia, itu bukan objek permukaan yang keras karena cara pembuatannya. Dan itu mengalir ke perbedaan lain antara model permukaan organik dan keras, banyak seniman mendefinisikannya sebagai cara pembuatan jaring, bukan apakah itu buatan manusia atau organik. Ambil sebuah batu, misalnya, itu adalah benda organik yang ditemukan di alam, tetapi tidak lunak. Seringkali, cara topologi pada model mengalir mendefinisikannya sebagai permukaan keras atau organik. Dengan permukaan yang keras, hal-hal seperti ini mungkin bukan masalah besar.

Organic

Organic Modelling

Sedangkan, Organic adalah obyek yang memiliki kecenderungan bentuk halus atau aerodinamis, nyaris tanpa sudut, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan serta makhluk hidup lainnya. Model organik jelas memiliki bentuk yang cenderung lebih halus dan sedikit tepi yang keras. 

Sebuah hal lain mengungkapkan bahwa Permukaan yang keras dan organik ditentukan oleh apakah objek akan dianimasikan dan dideformasi. Misalnya, jika aset akan pernah dianimasikan maka itu dianggap organik, jika itu adalah objek statis maka permukaannya keras. Tempat sampah adalah objek permukaan yang keras, tetapi jika itu akan dianimasikan ke tempat sampah dansa maka itu menjadi model organik. Ini kembali ke cara model dibangun, apa pun yang akan dianimasikan harus dibuat dengan cara yang sangat spesifik untuk memastikannya rusak dengan benar. Dengan jaring permukaan yang keras, topologi dan aliran tepi mungkin tidak menjadi masalah penting selama terlihat bagus pada waktu render. Mirip dengan mengklasifikasikan model dengan cara membangunnya, tergantung pada karakteristik mesh dapat menentukan apakah itu permukaan keras atau organik. Jika model memiliki kurva yang mengalir di mana bentuk-bentuk transisi dengan mulus ke yang lain akan berarti itu organik. Misalnya, mobil sport jelas buatan manusia, dan permukaannya keras, tetapi mobil sport terdiri dari kurva yang sangat halus dan mengalir. Apakah ini berarti bisa masuk dalam kategori organik? Sangat mudah untuk melihat bagaimana ini bisa sangat membingungkan, karena seniman mendefinisikan perbedaan antara permukaan keras dan organik dengan sangat berbeda. Dan tergantung pada studionya, mereka mungkin tetap dengan definisi tunggal untuk konsistensi. Jadi, mana sebenarnya perbedaan yang benar antara permukaan keras dan model organik? Ya, tentu saja, ada sangat banyak jawaban berbeda di komunitas 3D, tetapi belum tentu ada perbedaan benar atau salah. Satu hal yang pasti; jika kalian ingin mencoba dan tetap dengan satu definisi, seperti yang kalian lihat, garis antara permukaan keras dan model organik dapat menjadi banyak makna.

Hardsurface Modelling

Yang sedang berkata, tujuan dalam model apa pun adalah untuk memiliki jaring yang tampak hebat dan melayani tujuannya. Model 3D mungkin berpikir mobil sport adalah model organik berdasarkan karakteristiknya sementara model lain akan bersikeras itu benda permukaan yang keras. Selama semua orang ada di halaman yang sama, dan model melayani tujuannya dalam foto terakhir, apakah kategorisasi itu penting? Walaupun ada banyak definisi berbeda antara permukaan keras dan pemodelan organik, satu yang saya cenderung condong ke lebih, karena kesederhanaannya adalah bahwa organik adalah sesuatu yang hidup atau alami. Hal-hal seperti binatang, manusia, tanaman, pohon, dll. Permukaan keras adalah benda-benda seperti mobil, baju besi, senjata, dan elemen arsitektur. Sebagai pemodel 3D, adalah hal biasa untuk berspesialisasi dalam model permukaan keras atau model organik. Seseorang yang berfokus pada hal-hal seperti alat peraga dan lingkungan dan pemodel yang berfokus pada karakter, hewan, dan makhluk, dll. Dengan itu, kalian harus memiliki pemahaman yang sangat kuat tentang kedua teknik. Tidak masalah bagaimana kalian mengkategorikan model yang kalian buat, yang paling penting adalah bahwa itu dibangun dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar