Prinsip gambar bentuk dan perspektif
1. Gambar bentukGambar bentuk adalah teknik menggambar benda sesuai dengan bentuk aslinya sehingga gambar tersebut terlihat mirip gelap terangnya, warnanya nya, dan teksturnya dengan benda yang digambar.
Menggambar bentuk harus dengan melihat benda sesungguhnya sehingga benda dapat diamati, diteliti, dipahami secara detail gelap terangnya dan gambar yang dihasilkan akan terlihat seperti bentuk aslinya.
Gambar 4.1 Gelap terang untuk gambar bentuk
Gambar 4.2 Untuk menggambar bentuk diperlukan benda yang menjadi model untuk digambar.
Panduan dasar dalam menggambar bentuk adalah sebagai berikut:
a. Pengamatan, dilakukan untuk mengenali objek secara detail
b. Membuat sketsa, yaitu menggambar hasil pengamatan secara ringan dan tipis
c. Tentukan gelap terang benda dengan tanda batas tipis antara bagian terang dan bagian gelap
d. Gunakan teknik arsir atau dussel
e. Finalisasi, yaitu memberikan kekebalan pada goresan sehingga gambar bentuk terlihat lebih tegas.
2. Gambar perspektif
Gambar perspektif adalah teknik gambar untuk mengilustrasikan dimensi pada permukaan dua dimensi. Teknik tersebut diantaranya gambar perspektif 1. hilang, gambar perspektif dua titik hilang, gambar perspektif 3 titik hilang. Pengertian ketiga titik tersebut adalah sebagai berikut:
a. Perspektif satu titik hilang ( One Point perspective ) adalah perspektif linier yang menggunakan satu titik hilang dari sebuah gambar bentuk dengan pandangan tegak lurus dari mata. Perhatikan gambar 4.3a
b. Perspektif 2 titik hilang ( Two Point perspective ) adalah perspektif linier yang menggunakan dua titik hilang, yaitu terletak di sebelah kiri dan sebelah kanan pada garis horizontal. Perhatikan gambar 4.3b
c. Perspektif 3 titik hilang ( Three Point perspective ) adalah perspektif hampir seperti perspektif mata manusia yang menggunakan 3 titik hilang, yaitu terletak di sebelah kiri dan kanan pada garis horizontal serta bawah atau atas garis horizontal. Perhatikan gambar 4.3c
Gambar 4.3 Tiga macam titik hilang pada perspektif
Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam menggambar perspektif, yaitu Horizon, titik hilang, dan garis vertikal.
a. Horizon ( Hz ) adalah garis cakrawala yang memiliki posisi tinggi mata kita sebagai penglihat
b. Titik hilang ( TH ) adalah titik dimana garis-garis pada objek yang kita lihat akan bertemu
c. Garis vertikal adalah tempat pembanding dalam menentukan ketinggian dari objek yang berada dekat dengan mata dan yang jauh dari mata kita.
B. Menggambar bentuk dan perspektif
Dalam menggambar bentuk dan gambar perspektif diperlukan latihan. Kali ini kita akan berlatih membuat banner atau spanduk media promosi Jakarta Fair 2018 tas dengan ilustrasi gambar bentuk tugu Monas menggunakan perspektif 3. hilang. Langkah-langkahnya adalah membuat sketsa gambar bentuk tugu Monas, membuat gambar bentuk tugu Monas dan membuat banner media promosi Jakarta Fair 2018.
Berikut ini langkah-langkah membuat gambar sketsa bentuk tugu Monas dengan perspektif tiga titik hilang:
1. Buatlah garis horizontal
Gambar 4.4 membuat garis horizontal
2. Buat juga garis vertikal kemudian tambahkan 3 titik seperti pada gambar 4.5
Gambar 4.5 membuat garis vertikal dan menambahkan 3 titik
3. Tarik garis sambung dari titik ke titik seperti pada gambar 4.6
Gambar 4.6 menarik garis sambung dari titik ke titik
4. Tarik garis kedua dari titik horizontal ke garis vertikal untuk membentuk bidang kotak ( gambar 4.7)
Gambar 4.7 membentuk bidang kotak
5. Tarik garis ketiga dari titik horizontal ke garis vertikal untuk membuat bidang bawah Tugu Monas ( gambar 4.8 )
Gambar 4.8 membuat bidang Tugu Monas
6. Hapus garis yang bukan objek ( gambar 4.9 )
7. Tegaskan kembali garis objek yang terhapus ( gambar 4.10 )
Gambar 4.10 menegaskan garis yang terhapus
8. Gambar sketsa bentuk tugu Monas perspektif 3 titik hilang sudah jadi
Gambar 4. 11 gambar sketsa bentuk tugu Monas
Berikut ini langkah-langkah membuat Tugu Monas pada aplikasi Corel Draw :
1. Lakukan tracing pada gambar perspektif Tugu Monas
Gambar 4.12 melakukan tracing pada gambar perspektif Tugu Monas
2. Pilih bidang yang akan diberi pewarnaan dan shading lalu tekan Alt+ enter untuk membuka objek properties. Pilih linear fountain fill kemudian Ubahlah warna font sesuai selera.
Gambar 4.13 memberi warna dan shading
Sumber : aljauza. My. Id
Nayla Nurul Amalya XI MM
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAmanda Adhitya XI MM
BalasHapusAlpina damayanti XI MM
BalasHapusRizky Wulandari XIMM
BalasHapusMahira saskya putri XI MM
BalasHapusMuhamad risky aulia
BalasHapusPrisma Ayusya Farhany XI MM
BalasHapusArya Aulia Alfarizi XI MM
BalasHapus