Diteknik 3D modelling kita biasanya dituntut untuk menggunakan teknik tertentu dalam proses pembuatan 3D modelling.Seorang modeller biasanya harus menggunakan teknik tertentu dalam proses pembuatan 3D modellingnya, tetapi untuk setiap modeller selalu memiliki pemikiran yang berbeda-beda pandangan dalam pemuatan modelnya. Tetapi jika diperhatikan pada dasarnya sama saja pada pembuatan 3D modellingnya. Dalam pembuatan 3D modelling terdapat 3 teknik, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini.
1. Teknik Primitive Modelling (Solid Geometry Modelling).
2. Teknik Polygonal Modelling (Sculpt Modelling).
3. Teknik Nurbs Modelling (Curve Modelling).
Berikut penjelasan mengenai 3 teknik 3D modelling diatas.
1. Primitive Modelling
Primitive modeling merupakan teknik dasar pemodelan 3d dengan menggunakan obyek-obyek solid yang sudah ada pada Standar geometri sehingga disebut juga dengan Constructive Solid Geometry. Obyek-obyek tersebut contohnya adalah box, plane, cylinder, sphere, dan masih masih banyak lagi. Teknik ini juga memiliki batasan yaitu pemodelan dilakukakan dengan menggabungkan obyek dasar pada standart primitive tanpa merubah bentuk dasar dari objek tersebut. Sehingga demikian teknik ini hanya dapat digunakan untuk membuat model-model yang standart saja, dan tidak dapat atau sulit untuk membuat model dan pemukaaan yang lebih komplek atau lebih real lagi.
2. Polygonal Modelling
Polygonal Modelling meruoakan teknik modelling yang paling digunakan. Hal tersebut bisa terjadi teknik yang simpel dan mudah untuk digunakan, serta dalam proses pembuatannya pun juga cepat dan lebih mudah. Teknik Polygonal modelling disebut juga dengan sculpting atau memahat, karena proses atau hasil dari teknik ini menyerupai pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller pemula hingga yang sudah profesional sekalipun. Serta pada teknik ini juga tidak membutuhkan resource komputer yang besar.Teknik Polygonal modelling ini menggunakan obyek dasar yang kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan oleh pembuat 3D modelling.
3. NURBS Modelling
Merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline. Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds max) dengan fokus utama pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dalam 3D modelling teknik NURBS seorang modeller dapat membuat model yang sangat komplek, serta memiliki kerumitan yang tinggi pula. Pada teknik ini diawali dengan sebuah obyek dari standar primitive dari solid geometry dengan terlebih dahulu dikonveksi menjadi editable to NURBS atau bisa langsung dengan melalui panel geometri untuk objek berupa surface.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar